Bisnis

Keunggulan dan Kelemahan Polyflex yang Wajib Diketahui

Keunggulan dan Kelemahan Polyflex yang Wajib Diketahui

Tahukah Anda apa saja keunggulan dan kelemahan polyflex dibandingkan bahan sejenis? Polyflex merupakan bahan yang sejenis dengan sticker atau vinyl yang sering digunakan pada bisnis sablon digital. Pada teknik sablon ini, bahan polyflex yang telah didesain dengan gambar atau tulisan dipotong dengan menggunakan mesin cutting yang biasanya sudah terintegrasi dengan computer. Setelah itu bahan di press pada kaos atau media lain yang ingin disablon.

Keunggulan dan Kelemahan Polyflex yang Wajib Diketahui
Keunggulan dan Kelemahan Polyflex yang Wajib Diketahui

Banyak pelaku bisnis kaos yang memilih bahan ini untuk mencetak sablonnya. Dengan bahan ini hasil sablonan membuat kaos terlihat lebih menarik, lebih cerah, dan memiliki daya tahan yang cukup lama dan awet. Sehingga sekarang banyak yang jual polyflex. Proses pembuatannya yang cepat membuatnya disukai banyak pelaku bisnis. Hal ini pula yang membuat bisnis sablon kaos makin marak dan menarik.

Keunggulan Bahan Polyflex

Dibandingkan bahan-bahan sablon yang selama ini digunakan, ada banyak keunggulan yang dimiliki bahan polyflex. Berikut ini berbagai kelebihan polyflex yang sebaiknya Anda tahu.

Sangat Elastis

Bahan polyflex memiliki kelenturan yang sangat baik dan elastis saat disablonkan. Hal ini membuat kaos atau media sablon lainnya lebih mudah dalam pembuatannya. Bahkan pada media kaos yang lentur, bahan polyflex yang  disablonkan cukup elastis dalam mengikuti serat benang kaosnya.

Tahan lama

Hasil sablon digital yang dibuat dengan menggunakan polyflex termasuk tahan lama dan awet. Sablonan sangat kuat melekat pada kaos atau media lain. Karena keunggulannya ini, bahan ini banyak digunakan untuk sablon jersey olahraga, jaket, dan lainnya.

Warna Solid

Keunggulan lain yang sangat disukai pelaku usaha sablon adalah hasil warna sablon dari bahan polyflex menampilkan warna yang solid. Bahkan Anda bisa menggunakan teknik spot dengan 1 hingga 3 warna spot saja tanpa perlu full colour untuk teknik sablon yang menarik.

Kelemahan Polyflex

Meskipun banyak kelebihannya, namun polyflex juga tak lelas dari sejumlah kelemahan, seperti di bawah ini.

Meskipun warna yang ditampilkan pada sablon polyflex sangat cerah dan solid, namun bahan ini tak bisa melayani teknik gradasi atau separasi warna. Foto atau image yang mengandung unsur gradasi kurang bagus dengan bahan ini.

Saat ini bahan polyflex tersedia dalam ukuran lebar yang masih terbatas, yaitu maksimal 28 cm sampai 30 cm. Untuk media yang yangg besar tentunya belum bisa menggunakan bahan ini. Namun ukuran ini sudah cukup memadai untuk beragam media sablon digital.